P.E.M.I.M.P.I

Meraih Mimpi Demi Masa Depan

 
Sponsors
Adsense Indonesia
Books

Masukkan Code ini K1-9C219D-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com
Program Afiliasi Ebook-id
ShoutMix
Upload Files
Jaringan Url
Earn Money Easily
Program Hello World
Minggu, 20 Desember 2009

Untuk program yang pertama, kita dapat mempelajari program HelloWorld dalam versi Java. Memasukan kode (scripts) kedalam editor harus tepat. Java adalah bahasa yang mempunyai sifat case-sensitive, jadi tidak bisa sembarangan menulis kode (scripts). Karena penulisan “HelloWorld” tidak sama dengan penulisan “helloworld”, “Helloworld” atau “HELLOWORLD”. Ini penting sekali jika kita bekerja dalam operating sistem Windows.
Berikut adalah contoh program HelloWorld dalam Java :


            class HelloWorld{
                        public static void main (String [] args){
            System.out.println(“Hello World!”);             
}
}
Pertama kita menyimpan, mengkompilasi dan mengeksekusi program ini, akan lebih baik bila kita melihat sesuatu yang terjadi daripada hanya sekedar membaca. Sekarang kita punya program HelloWorld yang dibuat disebuah editor, dan kita harus menyimpannya. Semua kode (scripts) Java harus disimpan didalam file yang berekstensen .java. Kita juga harus memberi nama file tersebut sama dengan nama kelas itu sendiri. Dalam hal ini, nama kelas yang mengikuti keyword class. Jadi, ikuti aturan – aturan yang ada, hasil dari nama filenya harus HelloWorld.java. Kita dapat menyimpan file ini didirektori mana saja yang kita suka. Setelah filenya disimpan, kita harus mengkompilasi kode (scripts) kedalam bytecode Java. Alat yang digunakan untuk mengkompilasi kode (scripts) Java adalah javac. Untuk melakukan kompilasi, buka command prompt windows (atau terminal window didalam operating sistem UNIX) dan pindahkan pada direktori yang sama dimana kode (scripts) tersebut disimpan. Perintah yang digunakan sebagai berikut :

            Javac HelloWorld.java

Ketika proses kompilasi selesai, posisi command prompt akan kembali kesemula (keawal). Jika itu benar, maka kita telah sukses melakukan kompilasi untuk program Java kita yang pertama. Apabila kita melihat kedalam direktori dimana program HelloWorld berada yang telah kita kompilasi akan didapatkan file baru yang bernama HelloWorld.class. file ini berisi bytecode yang telah dikompilasi, jadi jangan merasa terganggu atau mencoba untuk membaca file tersebut karena kita tidak bisa membacanya. Bytecode ini dibutuhkan oleh interpreter untuk menjalankan kode (scripts). Dan dibutuhkan juga oleh JVM untuk menjalankan program yang kita buat. Interpreter yang digunakan bernama java. Sekarang yang kita lakukan menjalankan program HelloWorld dengan  menuliskan scripts dibawah ini di command prompt kita seperti beritkut :

            java HelloWorld

Apa yang dapat kita lihat adalah tertulis pesan “Hello World!”. Selamat, kita telah menyelesaikan program Java yang pertama.


posted by Deni @ 19.57  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
About Me

Name: Deni
Home: Bandung, Indonesia
About Me: Simple
See my complete profile
Previous Post
Archives
Affiliate Programs
Template by

Blogger Templates

BLOGGER

Traffic Rank
Free Web Counter
HTML Counter
Business Opportunities